CANDI MAJAPAHIT

Saturday 19 March 2011



Candi di Mojokerto Disinyalir Peninggalan Majapahit
Kamis, 30 Oktober 2008 12:35 wib
ShareEmail

MOJOKERTO - Sebuah candi yang ditemukan warga di Dusun Wates Umpak, Rowulan, Jombang, disinyalir sebagai candi peninggalan kerajaan Majapatih pada abad ke-13.

Kepala Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Mojokerto I Dewa mengatakan, candi yang ditemukan itu tergolong istimewa. Sebab, dalam candi tersebut sarat dengan ukiran. Sedangkan candi yang tergolong biasa tidak memiliki ukiran.

"Bangunan tersebut diperkirakan sebagai candi untuk pemujaan kerajaan majapahit," ujar I Dewa kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (30/10/2008).


Saat ini, pihaknya belum akan menggali candi tersebut karena harus menjalani penelitian terlebih dahulu. Kabarnya, candi berukuran pangan satu meter, lebar dua meter, dan tinggi sekira 70 sentimeter ini akan digali pada bulan depan. Di sekitar penemuan candi, pihaknya juga menemukan beberapa sumur dengan struktur bangunan kuno.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan warga masih berkumpul di tempat tersebut. Warga yang ingin melihat candi nampak dimintai biaya dengan cara disodori kaleng. Mereka beralasan, uang tersebut diperuntukkan biaya operasional penjagaan candi.
(Tritus Julan/Sindo/teb)

0 comments:

Powered by Blogger.